Penjualan Mobil Jepang di Amerika Utara Melambat

Perlambatan di pasar Amerika Utara untuk merek mobil asal Jepang, semakin muncul ke permukaan. Tahun ini pertumbuhan penjualan tidak secepat tiga tahun belakangan, mengutip Nikkei, Selasa (22/11/2016).

Berubahnya demand ke arah mobil besar nampaknya jadi faktor kunci, di mana segmen tersebut menjadi keahlian dari merek-merek asal Amerika. Semakin populernya mobil besar juga merupakan imbas dari harga minyak yang murah.

Jika perlambatan berlanjut, pabrikan Jepang bisa sangat besar. Pasalnya pasar Amerika Utara menghasilkan penjualan terbesar mereka.

Toyota memperkirakan penjualan di Amerika Utara jatuh 0,6 persen menjadi 2.820.000 unit pada tahun fiskal 2016, di mana ini merupakan penurunan pertama dalam lima tahun. Penurunan penjualan (year on year) juga diprediksi bakal menimpa Nissan Motor, Honda Motor, Mazda Motor dan Mitsubishi Motors, kecuali Fuji Heavy Industries produsen Subaru, yang punya penjualan sehat dari SUV-nya.

Pasar Amerika Utara untuk mobil baru pulih setelah tragedi Lehman Shock di 2008. Penjualan tumbuh selama enam tahun berturut-turut mulai 2010. Total penjualan mencapai rekor tinggi 17.470.000 unit pada 2015.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s